Senin, 17 Januari 2011

Sinar Laser Hijau Lebih Berbahaya

  KEKALAHAN tim nasional sepakbola Indonesia dalam pertandingan melawan Malaysia, untuk memperebutkan juara AFF 2010, salah satunya adalah serangan sinar laser hijau yang dilakukan para supporter Malaysia.
  Pada saat pertandingan final di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (26/12), para supporter menyalakan sinar laser warna hijau, yang mengganggu penglihatan para pemain timnas Indonesia.
  Bambang Widyatmoko, Kepala Puslit Fisika LIPI kepada mediaindonesia.com, menjelaskan, bahwa intensitas sinar laser warna hijau lebih tinggi daripada laser merah. Sinar laser hijau yang berasal dari alat pointer memiliki diameter kecil, sehingga menyilaukan mata.
  "Diameter berkasan sorotan sinar laser akan membesar pada jarak lebih dari 100 meter. Dan itu berbahaya sekaligus sangat menyilaukan mata," terang Bambang.
  Dia menambahkan terdapat beberapa jenis laser pointer, di antaranya berwarna hijau dan merah. Bila sinar merah hanya bisa mencapai beberapa meter saja, sinar hijau memiliki kemampuan bisa menjelajah jarak mencapai 30 sampai 50 meter.
  "Bagaimana dampaknya bagi kesehatan, perlu dilakukan pengukuran seberapa besar daya yang dihasilkan dari sinar laser tersebut," tambah Bambang.

0 komentar:

Posting Komentar